05/08/14
Era perang harga gadget antar berbagai brand di Indonesia semakin ketat. Hal ini nampak dengan banyaknya tablet yang beredar di pasaran dengan harga murah, mulai dari spesifikasi yang lengkap hingga cuma mengandalkan satu atau lebih fitur dengan kualitas bersaing. Tablet murah masih menjadi primadona di tanah air dan merupakan celuk pasar yang cukup kompetitif.

Tips Membeli Tablet Murah

Sebagian besar peminat gadget melihat harga sebagai faktor pertimbangan pertama sebelum memutuskan untuk membeli. Spesifikasi dan fitur akan menjadi acuan selanjutnya bagi mereka. Di bawah ini kami bagikan tips bagi anda yang sedang mencari tablet murah dan semoga menjadi pedoman yang bermanfaat sebelum memutuskan untuk membeli tablet baru.

Lihat juga
Berbagai pilihan tablet murah harga bersahabat

Patokan Harga
Terlebih dahulu tentukan berapa dana yang siap anda keluarkan untuk sebuah tablet baru, misalkan saja kisaran Rp. 1.500.000,- kemudian buat daftar tablet dengan kisaran harga demikian. Penentuan beli atau tidak akan didasarkan pada spesifikasi dan fitur yang disediakan oleh masing-masing tipe tablet.

Layar
Hal mendasar yang harus diperhatikan pada layar yaitu ukuran layar, seberapa besar warna yang didukung, tipe touchscreen (capacitive atau resisitif), dimensi piksel dan tidak kalah pentingnya tes bagaimana kinerjanya ketika berurusan dengan video, poto dan tampilan antar mukanya (interface). Pada umumnya layar 1024 x 600 piksel pada tablet murah akan memberikan tampilan grafis yang lebih tajam.

Kinerja
Prosesor dan memori (RAM) merupakan dua faktor penting penentu kinerja tablet. Usahakan untuk memilih prosesor Dual Core dengan kecepatan minimal 1 GHz dan RAM 512 MB. Walaupun anda memiliki tablet dengan kualitas layar yang baik ataukah baterai yang dapat beroperasi selama 10 jam misalnya, semua itu tidak ada artinya jika ketika dijalankan akan terasa lambat dalam pengoperaiannya.

Baterai
Cek kualitas baterai yang ditawarkan, seberapa lama waktu operasi dari masing-masing tablet yang ada pada daftar yang telah dibuat. Sebagian besar tablet murah mengesampingkan hal ini untuk memangkas biaya produksinya agar dapat bersaing pada harga jualnya.

Kapasitas Penyimpanan
Bagi anda yang menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar pastikan bahwa tablet tersebut memiliki slot memori eksternal sebagai cadangan karena rata-rata untuk kategori tablet dengan harga 1 hingga 2 juta rupiah hanya memiliki hard disk kapasitas 4 sampai 8 GB.

Koneksi
Anda dapat dengan mudah menemukan tablet murah yang mendukung panggilan telepon dan sms di samping koneksi internet. Walaupun ada beberapa vendor yang hanya memberikan fasilitas wifi tanpa dukungan kartu SIM (2G/3G) namun lebih mengoptimalkannya pada spesifikasi lainnya seperti kualitas layar dan baterai. Tentukan pilihan mana yang menjadi prioritas anda.

Sistem operasi
Sebagian besar tablet murah didominasi oleh Android yang dikembangkan oleh Google. Anda sangat jarang menemukan tablet dengan harga terjangkau yang menjalankan sistem operasi Windows. Namun demikian, Android menjadi platform favorit bagi para developer untuk mengembangkan berbagai aplikasi yang menarik sehingga anda dapat menikmati berbagai macam program yang didukung oleh Android.

Merek
Tidak selamanya merek terkenal hanya menjual tablet harga selangit. Beberapa di antaranya seperti Samsung juga memiliki tablet murahnya tersendiri dengan harga di bawah 2 juta walaupun hanya mengandalkan koneksi wireless. Namun demikian, merek juga harus menjadi pertimbangan bagi anda. Mito, Advan dan Evercoss merupakan beberapa vendor populer di tanah air yang banyak bermain di pangsa pasar tablet murah.

Menarik Lainnya

Android O : Apa yang Istimewa dari Seri Ini ?

Semenjak dirilis pertama kali (versi beta) pada bulan Maret 2017, Android O semakin dinanti-nanti oleh para pengguna Android. Menggantikan ...

On The Spot

Diberdayakan oleh Blogger.