15/10/15

Sungguh sangat disayangkan jika sedang asik-asiknya browsing, bermain game maupun menggunakan aplikasi android lainnya lantas daya baterai sudah hampir habis padahal kamu baru saja mencharge ulang satu atau dua jam yang lalu hingga dayanya penuh.

Hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah ketika kamu memiliki power bank sebagai cadangan baterai.

Salah satu indikator terjadinya penurunan kinerja baterai pada android adalah daya baterai yang lebih cepat habis dalam jangka waktu relatif singkat untuk pemakaian normal.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh penanganan baterai yang kurang tepat, di samping penyebab lainnya seperti keaslian dan kualitas produk.





Baterai sebagai salah satu komponen vital pada tablet maupun handphone, baik yang berjalan pada platform android maupun sistem operasi lainnya, merupakan sumber daya utama agar perangkat dapat beroperasi. Oleh karena itu, penanganan serta cara merawat yang benar perlu dilakukan agar baterai lebih tahan lama.

Penanganan yang kurang tepat dapat menyebabkan kinerja baterai menurun serta masa pakainya lebih pendek dari yang seharusnya.

Cara penangan yang tepat memperpanjang usia baterai

Berbeda dengan ponsel, kebanyakan baterai terpasang secara permanen pada tablet sehingga bila rusak kemungkinan besar kamu harus menggantinya keseluruhan, yah benar kamu harus membeli sebuah tablet baru ! Kecil kemungkinan kamu dapat memperbaikinya, kalaupun bisa maka akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pada umumnya baterai terbuat dari material nikel dan lithium. Penanganan kedua jenis baterai tersebut berbeda. Untuk baterai berbahan dasar nikel sebaiknya pengisian daya dilakukan pada titik 0% atau ketika baterai sudah tidak memiliki daya listrik sama sekali.

Berbanding terbalik dengan baterai yang terbuat dari lithium, penanganan demikian malah berdampak negatif. Untuk baterai jenis ini sangat disarankan untuk mencharge pada saat daya baterai berkisar 20% hingga 50%.

Bila perangkat android tidak digunakan dalam selang waktu yang cukup lama, mingguan bahkan bulanan, maka sebaiknya terlebih dahulu pastikan bahwa daya baterai yang tersisa tidak kosong atau tidak dalam kondisi 100% terisi. Sebaiknya sisakan sekitar 40% daya bila berencana untuk tidak menggunakannya dalam periode yang tidak singkat.

Rata-rata baterai berbahan lithium memiliki masa pakai hingga 500 kali pengisian. Cara penggunaan dan perawatan yang kurang tepat dapat menurunkan masa pakainya begitupun dengan kinerjanya.

Walaupun kinerja baterai semakin lama semakin menurun secara alami namun dengan penanganan yang tepat akan membantu mencapai masa penggunaannya semaksimal mungkin.

Satu Komentar, Ingin Menambahkan ?
  1. Ani says:

    Kalo baterai di charge pada posisi on, aman tidak ?

Menarik Lainnya

Android O : Apa yang Istimewa dari Seri Ini ?

Semenjak dirilis pertama kali (versi beta) pada bulan Maret 2017, Android O semakin dinanti-nanti oleh para pengguna Android. Menggantikan ...

On The Spot

Diberdayakan oleh Blogger.