27/09/15
TabLunch - Untuk memindahkan aplikasi maupun game dari penyimpanan internal android ke SD Card pada dasarnya cukup mudah. Kendala yang sering menghambat sehingga aplikasi tidak dapat dipindahkan kerap kali disebabkan oleh versi android yang tidak mendukung fitur tersebut dan pembatasan akses dari developer aplikasi tersebut.




Setiap kali kamu menginstal aplikasi baru dari Play Store maupun penyedia lainnya maka secara otomatis file instalasi akan tersimpan pada hardisk internal tablet maupun ponsel. Hal ini disebabkan karena tidak setiap gadget memiliki fasilitas penyimpanan tambahan (SD Card) sehingga pengembang sistem operasi android menyiasati hal tersebut dengan cara demikian.

Bagi pengguna android dengan spesifikasi hardware / mesin yang modern mungkin tidak terlalu mempermasalahkan hal ini. Lain lagi halnya bagi pengguna yang memiliki kinerja mesin yang boleh dibilang pas-pasan. Sehingga mau tidak mau mereka harus mencari cara untuk mengoptimalkan performa gadgetnya salah satunya dengan cara tidak terlalu membebani kapasitas penyimpanan internal.

Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah untuk memindahkan aplikasi maupun game ke kartu SD.

  1. Untuk meminimalkan masalah yang mungkin terjadi terlebih dahulu aktifkan Opsi Pengembang atau Developer Option pada bagian Menu > Setelan > Sistem > Tentang Ponsel > Nomor Bentukan.
  2. Sentuh "Nomor Bentukan" sebanyak 7 (tujuh) kali untuk mengaktifkan Opsi Pengembang.
  3. Selanjutnya masih pada bagian Setelan kemudian masuk ke Perangkat > Aplikasi. Pada bagian ini pilih aplikasi yang akan dipindahkan.
  4. Selanjutnya akan muncul informasi lebih lengkap mengenai aplikasi tersebut.
  5. Pilih "Pindahkan ke kartu SD".

Bila tombol tersebut tidak dapat diakses (ditandai dengan tombol berwarna lebih cerah) maka kamu harus menggunakan aplikasi khusus untuk memindahkan apk ke kartu SD. Langkah ini akan dibahas pada tutorial selanjutnya.

Menarik Lainnya

Android O : Apa yang Istimewa dari Seri Ini ?

Semenjak dirilis pertama kali (versi beta) pada bulan Maret 2017, Android O semakin dinanti-nanti oleh para pengguna Android. Menggantikan ...

On The Spot

Diberdayakan oleh Blogger.