26/09/15

Bagi pengguna tablet android pemula tentunya masih awam mengenai cara memindahkan file (foto, gambar, video, galeri maupun berkas lainnya) dari tempat penyimpanan internal pada tablet ke kartu SD. Oleh karena itu, sebaiknya anda simak panduan di bawah ini yang akan kami jelaskan tahap demi tahap.



Ada berbagai keuntungan menggunakan kartu SD sebagai alternatif penyimpanan data, selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan tambahan juga sangat membantu dalam meningkatkan kinerja tablet akibat dari harddisk yang sudah sangat sesak dengan berbagai data di dalamnya.

Proses memindahkan file dari tablet ke kartu SD eksternal

Pada dasarnya setiap anda melakukan perintah save maka tablet secara otomatis akan menyimpan data tersebut pada harddisk internal. Namun anda dapat mengubah mode ini sehingga nantinya file dapat tersimpan langsung ke kartu SD.

Kami akan jelaskan cara ini pada bagian akhir, sekarang mari kita konsentrasi ke metode transfer file dari tablet ke kartu ekspansi.

Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan sehubungan dengan hal ini, yaitu :

  • Menggunakan fitur bawaan dari tablet
    Pada bagian menu aplikasi pada tablet cari frase “File Manager” atau hal yang senada dengan pengaturan berkas. Jika anda tidak menemukannya sebaiknya lanjutkan ke metode yang kedua. Jika ditemukan maka langkah selanjutnya adalah memilih file atau folder yang hendak dipindahkan kemudian copy dan paste ke kartu SD, jangan lupa untuk menghapus file asli yang masih terdapat pada media penyimpanan tablet.
  • Menggunakan aplikasi File Manager
    Untuk penggunaan aplikasi ini kami rekomendasikan untuk terlebih dahulu mendownload Android Booster pada situs Google Play Store. Aplikasi ini disediakan secara gratis oleh pengembangnya jadi tidak perlu merogoh kocek lagi untuk memilikinya. Penggunaannya hampir sama dengan cara pertama di atas. Selain memiliki fitur File Manager fungsi utama dari aplikasi ini sebenarnya untuk meningkatkan performa tablet. Multifungsi hanya dalam satu alat, sungguh menarik bukan ?
  • Menggunakan PC
    Jika anda memiliki akses ke sebuah komputer atau laptop anda dapat menggunakan solusi yang ketiga ini. Cukup hubungkan perangkat android anda dengan PC menggunakan kabel USB lalu pindahkan file yang diinginkan dari media penyimpanan tablet ke kartu SD.
  • Pengaturan penyimpanan otomatis ke kartu SD
    Pertama, terlebih dahulu tentukan aplikasi apa yang nantinya digunakan agar datanya dapat tersimpan secara otomatis, misalkan saja ‘Camera’. Selanjutnya masuk ke pilihan menu ‘Settings > Storage’ dan pilih atau beri tanda centang bila ada pada pilihan 'Save to SD card by default'.

Bagaimana, cukup mudah bukan ? Semoga tips dan tutorial ini bermanfaat dan selamat mempraktekkannya !


7 Komentar, Ingin Menambahkan ?
  1. Makasih infonya ya, saya bingung gimana caranya simpan file biar anak sy bisa nonton video keasayangannya walaupun offline. Problem solved deh sekarang. hehehhe. kunjungi webku yaa.. Bisnis Nuskin

  2. Maslahnya pd Advand X7 tdk ada menu paste pada saat kita ke kartu SD jd pastenya tdk bisa.

  3. Cara memindahkan file dari sd card ke ponsel android bagaimana ?

  4. Cara memindahkan file dari sdcard ke internal gimana kalau pakai advan X7??

  5. ada gak aplikasi android yg khusus untuk itu ?

  6. damar says:

    Terimakasih atas infonya...dan kalo yg komentar gk bisa mending download aplikasi Zarchiver(kalo bisa yang Zarchiver pro) pasti bisa mindahin file dengan mudah..!!!

  7. Angga says:

    Kalo cara mindahin aplikasi ke sdcard gmn ya? Di samsung galaxy tab2 tidak ada pilihan move to sdcard. Terimakasih

Menarik Lainnya

Android O : Apa yang Istimewa dari Seri Ini ?

Semenjak dirilis pertama kali (versi beta) pada bulan Maret 2017, Android O semakin dinanti-nanti oleh para pengguna Android. Menggantikan ...

On The Spot

Diberdayakan oleh Blogger.