25/09/15
Memperbaiki kinerja tablet android merupakan hal yang sangat penting dilakukan secara berkala. Walaupun anda hanya memiliki beberapa aplikasi atau file, kinerja tablet android dapat menurun seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan oleh cache aplikasi, file sampah, dan temporary file.




Anda dapat membersihkannya secara manual satu per satu namun metode ini selain menguras banyak tenaga juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Pada tulisan ini, kami telah membuat daftar beberapa aplikasi terbaik yang dapat membantu anda mempercepat kinerja tablet android.

Aplikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Tablet Android

Melakukan pembersihan tablet android dapat menolong anda mencegah kinerja yang lambat dan memberikan ruang tambahan untuk sumber daya lainnya. Di samping itu, optimasi yang tepat dapat mengurangi beban sistem operasi dengan menonaktifkan beberapa sumber daya yang tidak diperlukan dan sebagai hasilnya anda akan mendapatkan tablet dengan kinerja yang lebih cepat dan aplikasi dapat berjalan dengan mulus tanpa lag. Simak aplikasi tersebut di bawah ini.

App Cache Cleaner
App Cache Cleaner merupakan program yang sangat mudah digunakan berfungsi untuk membersihkan semua file chace dari berbagai aplikasi yang terinstal pada gadget. Dengan fungsi yang ditawarkan tentunya akan memberikan lebih banyak ruang kosong pada harddisk sehingga dapat digunakan untuk menyimpan file atau berkas yang lebih penting.

Android Booster
Android Booster merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membersihkan dan memperbaiki kinerja tablet. Alat ini mengoptimasi perangkat anda dengan cara terbaik yang secara otomatis meningkatkan kinerja sistem operasi Android. Aplikasi yang satu ini dapat didownload secara gratis melalui situs Google Play Store.

Sama halnya dengan Advanced Task Manager , Android Booster juga memiliki baterai manager yang cara penggunaannya sangat mudah hanya dengan satu kali klik maka proses optimasi akan berjalan sepenuhnya. Selain itu, alat ini juga memiliki File Manager, App Manager dan Network Manager. Hebatnya lagi, disediakan juga program antivirus yang sudah termasuk di dalamnya, sangat menarik bukan ?

Advanced Task Manager
Aplikasi ini dapat menampilkan semua program yang sedang berjalan dan memungkinkan anda untuk menonaktifkannya. Selain itu, Advanced Task Manager juga dapat digunakan untuk optimasi lainnya seperti menghemat penggunaan baterai, membersihkan sebagian memori, dan mempercepat kinerja tablet. Beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi gratis ini seperti Kill GPS, Battery Manager, dan Android Optimizer.

Fitur GPS sangat berguna untuk keperluan navigasi dan layanan berbasis tempat lainnya. Bagaimana pun juga, beberapa layanan aplikasi berbasis lokasi menggunakan GPS yang banyak menguras tenaga baterai. Berkat fitur Kill GPS anda dapat mematikan aplikasi yang menggunakan layanan GPS tersebut sehingga dapat meningkatkan masa pemakaian baterai pada tablet anda.

Battery Manager dapat menampilkan status pemakaian baterai maupun sisa daya yang tersedia. Fitur ini sangat membantu agar senatiasa siaga ketika menggunakan tablet kesayangan anda.

Android Optimizer berguna untuk mengatur dan mengoptimasi tablet android dengan cara menonaktifkan program maupun services yang tidak penting. Fitur ini akan membersihkan memori RAM yang tidak terpakai yang kemudian dapat dialokasikan kembali pada program lainnya yang lebih perlu. Gunakan fitur ini untuk mempercepat tablet android anda.

Startup Manager
Startup Manager membantu anda untuk memblokir start-up program ketika tablet sedang booting (mulai dinyalakan). Aplikasi ini memonitor dan menampilkan daftar program dan sumber daya yang menggunakan fungsi start-up. Untuk memblokir suatu item pada sistem start-up, jangan biarkan aplikasi tersebut tercentang pada daftar.

Anda juga dapat mengaktifkannya kembali dengan cara mencentang aplikasi start-up tersebut pada daftar. Dengan membatasi jumlah aplikasi yang berjalan pada start-up tentunya dapat semakin mempercepat booting tablet android dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk masuk ke tampilan layar utama ketika tablet dijalankan.

Satu Komentar, Ingin Menambahkan ?
  1. Raj says:

    Ga cukup ya dengan bersihin cache dan ngupdate aplikasi buat ngeoptimalin kerja android?

Menarik Lainnya

Android O : Apa yang Istimewa dari Seri Ini ?

Semenjak dirilis pertama kali (versi beta) pada bulan Maret 2017, Android O semakin dinanti-nanti oleh para pengguna Android. Menggantikan ...

On The Spot

Diberdayakan oleh Blogger.